0. Perencanaan Adaptasi Tatanan Hidup Baru Masyarakat Produktif
Perencanaan Adaptasi Tatanan Hidup Baru Masyarakat Produktif
Melawan Virus Corona Desease 19 Pada Kegiatan Belajar Mengajar di Kota Bekasi
Melawan Virus Corona Desease 19 Pada Kegiatan Belajar Mengajar di Kota Bekasi
Tahun Ajaran 2020/2021
Bidang SD dan SMP Dinas Pendidikan Kota Bekasi
NO
|
URAIAN KEGIATAN
|
LANGKAH / STRATEGI KEGIATAN
|
WAKTU PELAKSANAAN
|
BAHAN/ BUKTI FISIK
|
PENANGGUNGJAWAB
|
1
|
Sosialisasi Pembelajaran Pada Masa Adaptasi Tatanan Hidup Baru Mayarakat Produktif.
|
Mengadakan pertemuan atau rapat baik secara daring, maupun luring dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, sasaran Kepala Satuan Pendidikan SD dan SMP
|
Minggu pertama bulan Juli 2020
|
1. Pedoman pembelajaran selama adaptasi kebiasaan baru berupa word
2. Bahan presentasi berupa PPT
|
Tim Sosialisasi Disdik Kota Bekasi
|
2
|
Kesiapan Sarana Prasarana dan Protokol Kesehatan Covid 19 di Satuan Pendidikan Menjelang Tahun Ajaran Baru 2020/2021
|
Mengadakan peninjauan atau kunjungan ke sekolah-sekolah
|
Minggu kedua bulan Juli 2020
|
1. Instumen kesiapan sarana dan prasarana sesuai protokol kesehatan
|
TIM Monitoring Dinas Pendidikan
|
3
|
Keterlaksanaan Sarana Prasarana dan
Protokol Kesehatan Covid 19 di
Satuan Pendidikan Menjelang Tahun
Ajaran Baru 2020/2021
|
Mengadakan monitoring keterlaksanaan Sarana Prasarana dan Protokol Kesehatan Covid 19
|
Minggu ketiga bulan Juli 2020
|
2. Instumen keterlaksanaan sarana pembelajaran
|
Pengawas SD dan SMP
|
4
|
Keterlaksanaan proses pembelajaran jarak jauh dengan dengan metode Daring, luring dan Kombinasi
|
Melaksanakan monitoring proses pembelajaran jarak jauh dengan metode Daring, Luring dan Kombinasi dengan observasi selama masa adaptasi kebiasaan baru
|
Mulai minggu ketiga bulan Juli 2020 sampai dengan akhir semester
|
3. Instrumen proses pembelajaran jarak jauh (PJJ)
|
Pengawas SD dan SMP
|
5
|
Peningkatan kapasitas pemanfaatan IT guru dalam pembelajaran jarak jauh pada masa new normal
|
Melaksanakan Bimtek Peningkatan kapasitas pemanfaatan IT guru untuk menunjang PBM secara Daring.
|
Mulai minggu kedua bulan Juli 2020.
|
Materi Bimtek :
1. Video Confernce
2. Fitur Penyimpanan tagihan hasil belajar
3. Presensi digital
4. Aplikasi Penilaian
|
Kepala sekolah SD & SMP
|
6
|
Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dengan Daring, Luring dan Kombinasi
|
Melaksanakan proses belajar mengajar (PBM) dengan Daring, Luring dan Kombinasi selama new normal
|
Mulai minggu ketiga bulan Juli 2020 dan seterusnya
|
1. Kalender Pendidikan
2. Minggu Efetif
3. Program Tahunan
4. Program Semester
5. Silabus
6. RPP
7. Media & Bahan Ajar
8. Rancangan Penugasan dan Penilaian
|
Guru SD dan SMP
|
7.
|
Pengaturan kurikulum, Jadwal Pelajaran dan tempat duduk peserta didik.
|
1. Jumlah jam mata pelajaran dibagi 2 sesuai mapel pada struktur kurikulum.
2. Durasi waktu pembelajaran adalah @ 1 JP 25 menit
3. Lama belajar disekolah dikurangi dari waktu seharusnya, selebihnya waktu digunakan untuk belajar dari rumah dalam bentuk penugasan dan penilaian dengan metode daring.
4. Tiap rombel dibagi 2 (dua ) setiap kelas minimal 20 orang siswa.
5. Jarak tenpat duduk antara siswa yang satu dan siswa yang lainnya diatur minimal 1,5 meter.
|
Mulai minggu ketiga bulan Juli 2020 dan seterusnya
|
1. Pedoman pengaturan kurikulum jadwal pelajaran.
2. SOP penggunakan ruang belajar sesuai dengan protokol kesehatan Covid 19.
|
Kepala Sekolah dan Waka Kurikulm SD dan SMP
|
8
|
Pelaporan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dengan Daring, Luring dan Kombinasi tingkat satuan pendidikan.
|
Membuat panduan pelaporan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh
|
Mulai minggu ketiga bulan Juli 2020 dan seterusnya
|
Format pelaporan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh
|
Guru, Kepala sekolah, Pengawas dan Kasi dan Kabid SD dan SMP, serta Ka Disdik Kota Bekasi
|
9
|
Pelaksanaan Evaluasi dan Tindak lanjut dari temuan Pembelajaran jarak jauh dengan Daring, Luring dan Kombinasi
|
Membuat format untuk kegiatan evaluasi dan tindak lanjut Pembelajarran jarak jauh
|
Mulai minggu keempat bulan Juli 2020 dan seterusnya
|
Format evaluasi dan tindak lanjut pelaksanaan pemebelajaran jarak jauh
|
Kepala sekolah, Pengawas dan Kasi dan Kabid SD dan SMP serta Ka Disdik Kota Bekasi
|
10
|
Pelaporan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dengan Daring, Luring dan Kombinasi tingkat satuan pendidikan.
|
Menyusun pelaporan pembelajaran jarak jauh secara daring selama new normal, disampaikan kepada Pimpinan daerah, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dan LPMP Propinsi Jawa Barat
|
Mulai minggu ke empat bulan Agustus 2020 sampai seterusnya
|
Dokumen Pelaporan hasil pembelajaran jarak jauh tingkat SD dan SMP Kota Bekasi
|
Kasi, Kabid, Sekretaris dan Ka Disdik Kota Bekasi
|
Komentar
Posting Komentar