6. Instrumen Selama AKB

INSTRUMEN OBSERVASI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Guru
:
…………………………………
NIP
:
…………………………………
Nama Sekolah yang diamati
Kelas
:
:
…………………………………
....................................................
Mata pelajaran/ Tema
:
…………………………………
Sub Tema / Pembelajaran
Alokasi Waktu
:
:
…………………………………
....................................................

Untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang digunakan guru dalam implementasi kurikulum 2013 selama AKB, Kepala Sekolah/Pengawas dapat melihat RPP pada Guru kelas/mata pelajaran. Petugas mencatat hasil observasi dengan memberi tanda cek (√) pada kolom Skor sesuai dengan kriteria yang tertera pada kolom dan memberikan catatan sesuai penilaian.


No


Komponen RPP
Hasil Penelaahan Dan Penskoran *)
1
2
3
4
A.
Identitas Mata Pelajaran




1.
Satuan pendidikan, kelas, semester, mata pelajaran atau tema pelajaran, alokasi waktu.




B.
Perumusan tujuan pembelajaran
1.
Kesesuaian dengan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai.




2.
Kesesuaian dengan kompetensi dasar dan indikator.




C.
Skenario Pembelajaran
1.
Menampilkan kegiatan pendahuluan, inti, dan
penutup dengan jelas.




2.
Kesesuian kegiatan dengan penerapan model pembelajaran dan pendekatan scientific; kesesuaian dengan tema.




3.
Kesesuaian penyajian dengan sistematika materi.




4.
Kesesuaian alokasi waktu dengan cakupan materi.




D.
Penilaian
1.
Kesesuaian dengan teknik dan bentuk penilaian autentik.




2.
Kesesuaian dengan indikator pencapaian kompetensi.




3.
Kesesuaian kunci jawaban dengan soal.




4.
Kesesuaian pedoman penskoran dengan soal.




5.
Kesesuaian antara instrumenpenilaian dengan rubrik penilaiannya.




Jumlah Skor Perolehan

Jumlah Skor Maksimal

            *) Keterangan:
1 = tidak lengkap
2 = cukup lengkap
3 = lengkap
4 = sangat lenngkap

Mengetahui,
Kepala Sekolah



(Nama) NIP/
Bekasi,………………..
Observer




(Nama)
NIP.



INSTRUMEN OBSERVASI
PROSES PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI KELAS

Nama Guru
:
…………………………………
NIP
:
…………………………………
Nama Sekolah yang diamati
:
…………………………………
Kelas
:
…………………………………
Mata pelajaran/ Tema
:
…………………………………
Sub Tema / Pembelajaran
Alokasi Waktu
:
:
…………………………………
....................................................

Untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang proses pembelajaran yang dilakukan guru selama AKB, Kepala Sekolah/Pengawas harus melakukan pengamatan di kelas. Petugas mencatat pengamatannya dengan melengkapi format berikut.

No

Uraian Kegiatan
Hasil Penelaahan dan Penskoran*)
1
2
3
4
A
Pendahuluan
1
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.




2
Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik dalam perjalanan menuju sekolah atau dengan tema sebelumnya.




3
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitan dengan tema yang akan dibelajarkan.




4
Mengajakpe serta didik berdinamika/melakukan sesuatu kegiatan yang terkait dengan materi di kegiatan awal.




B
Kegiatan Inti
1
Menyajikan materi yang dapat memfasilitasi ketercapaian kompetensi pada indicator.




2
Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang diintegrasikan secara relevan dengan perkembangan Iptek dan kehidupan nyata.




3
Menyajikan materi secara sistematis dan gradual (dari yang mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak),




4
Mengelola kelas dengan baik.




5
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual.




6
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect).




7
Melaksanakan pembelajaran sesuai RPP /




8
Memberikan pertanyaan mengapa dan bagaimana.




9
Memancig peserta didik untuk bertanya.




10
Menyajikan kegiatan peserta didik untuk keterampilan mengamati.




11
Menyajikan kegiatan peserta didik untuk keterampilan mencoba.




12
Menyajikan kegiatan peserta didik untuk keterampilan menganalisis.




13
Menyajikan kegiatan peserta didik untuk keterampilan mengkomunikasikan.




14
Mengamati sikap dan perilaku peserta didik dalam mengikuti pelajaran.




15
Melakukan penilaian keterampilan peserta didik dalam melakukan aktifitas individu/ kelompok.




16
Mendokumentasikan hasil pengamatan sikap, perilaku, dan keterampilan peserta didik.




17
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar.




18
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan media pembelajaran.




19
Menghasilkan pesan yang menarik.




20
Melibatkan pesertadidik dalam pemanfaatan sumber belajar pembelajaran.








No

Aspek Yang Diamati
Hasil Penelaahan dan Penskoran*)
1
2
3
4
21
Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan media pembelajaran.




22
Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik melalui interaksi guru, peserta didik, sumber belajar.




23
Merespon positif partisipasi peserta didik.




24
Menunjukkan  sikap terbuka terhadap respon peserta didik




25
Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif.




26
Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme peserta didik dalam belajar.




27
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar.




28
Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar.




C
Penutup
29
Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai.




30
Mengakhiri pembelajaran dengan efektif




31
Membuat rangkuman dengan melibatkan peserta didik.




32
Melakukan refleksi dengan melibatkan peserta didik




33
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan   arahan,   atau   kegiatan  atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan




Jumlah Skor yang Dicapai

Jumlah Skor Maksimum

*) Keterangan:
1 = tidak muncul
2 = muncul tetapi kurang baik
3 = muncul dengan baik
4 = muncul dengan sangat baik



Mengetahui,
Kepala Sekolah



(Nama) NIP.
Bekasi,……………….
Observer




Nama
NIP



INSTRUMEN OBSERVASI
PROSES PEMBELAJARAN KELAS DARING

Nama Guru
:
…………………………………
NIP
:
…………………………………
Nama Sekolah yang diamati
:
…………………………………
Kelas
:
…………………………………
Mata pelajaran/ Tema
:
…………………………………
Sub Tema / Pembelajaran
Alokasi Waktu
:
:
…………………………………
....................................................

Untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang proses pembelajaran yang dilakukan guru selama AKB, Kepala Sekolah/Pengawas harus melakukan pengamatan di kelas. Petugas mencatat pengamatannya dengan melengkapi format berikut.
No
Uraian Kegiatan
Hasil Penelaahan dan Penskoran*)
1
2
3
4

A
Pendahuluan

1
Guru memberi apersepsi dan motivasi





2
Guru memberi tahu tujuan pembelajaran yang akan dicapai





B
Kegiatan Inti

1
Guru menguasai materi pembelajaran (Materi pembelajaran disampaikan dengan jelas)





2
Guru mengelola kelas daring dengan baik





3
Guru berperan sebagai fasilitator dalam membantu mengatasi kesulitan peserta didik





4
Guru menggunakan teknik bertanya dengan teknik bertanya dengan bahasa yang baik dan benar





5
Peserta didik berpartisipasi secara aktif dalam pembelajaran daring





6
Pada kegiatan pembelajaran tampak ada kegiatan mengati, menanya, mengolah data, mengasosiasi dan mengomunikasikan





7
Peserta didik aktif dalam berinteraksi dengan peserta didik yang lain





8
Ada penilaian untuk mengetahui ketercapaian pembelajaran





9
Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan Rencana Pembelajaran





C
Penutup

1
Guru membimbing peserta didik dalam melakukan refleksi





2
Pemberian tugas untuk memperdalam dan mengimplementasikan materi





Jumlah Skor yang Dicapai


Jumlah Skor Maksimum


*) Keterangan:
1 = tidak muncul
2 = muncul tetapi kurang baik
3 = muncul dengan baik
4 = muncul dengan sangat baik


Mengetahui,
Kepala Sekolah



(Nama) NIP.
Bekasi,……………….
Observer




Nama
NIP



INSTRUMEN OBSERVASI
PROSES PEMBELAJARAN KELAS WHATAPP GROUP

Nama Guru
:
…………………………………
NIP
:
…………………………………
Nama Sekolah yang diamati
:
…………………………………
Kelas
:
…………………………………
Mata pelajaran/ Tema
:
…………………………………
Sub Tema / Pembelajaran
Alokasi Waktu
:
:
…………………………………
....................................................

Untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang proses pembelajaran yang dilakukan guru selama AKB, Kepala Sekolah/Pengawas harus melakukan pengamatan di kelas. Petugas mencatat pengamatannya dengan melengkapi format berikut.

No
Uraian Kegiatan
Hasil Penelaahan dan Penskoran*)
1
2
3
4

A
Pendahuluan

1
Guru memberi apersepsi dan motivasi





2
Guru memberi tahu tujuan pembelajaran yang akan dicapai





B
Kegiatan Inti

1
Guru mengirimkan lembar kerja/penugasan ke WhatApp Group





2
Guru memberitahu batas akhir pengumpulan tugas





3
Guru melakukan monitoring pembelajaran tiap peserta didik





4
Guru memberikan layanan /fasilitasi terhadap kesulitan peserta didik





5
Guru memberikan layanan konsultasi terghadap orang tua siswa





6
Guru mengunduh hasil pekerjaan peserta didik





7
Guru memeriksa hasil pekerjaan peserta didik





8
Guru memberikan umpan balik atas pekerjaan peserta didik





9
Ada penilaian untuk untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran





C
Penutup

1
Guru membimbing peserta didik dalam melakukan refleksi





2
Pemberian tugas untuk memperdalam dan mengimplementasikan materi





Jumlah Skor yang Dicapai


Jumlah Skor Maksimum


*) Keterangan:
1 = tidak muncul
2 = muncul tetapi kurang baik
3 = muncul dengan baik
4 = muncul dengan sangat baik


Mengetahui,
Kepala Sekolah



(Nama) NIP.
Bekasi,……………….
Penelaah




Nama
NIP



INSTRUMEN OBSERVASI
PROSES PEMBELAJARAN KELAS LURING (HOME VISIT)

Nama Guru
:
…………………………………
NIP
:
…………………………………
Nama Sekolah yang diamati
:
…………………………………
Kelas
:
…………………………………
Mata pelajaran/ Tema
:
…………………………………
Sub Tema / Pembelajaran
Alokasi Waktu
:
:
…………………………………
....................................................

Untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang proses pembelajaran yang dilakukan guru selama AKB, Kepala Sekolah/Pengawas harus melakukan pengamatan di kelas. Petugas mencatat pengamatannya dengan melengkapi format berikut.

No
Uraian Kegiatan
Hasil Penelaahan dan Penskoran*)
1
2
3
4

1
Guru menyampaikan lembar kerja/penugasan ke rumah peserta didik





2
Guru memberitahu batas akhir pengumpulan tugas





3
Guru melakukan monitoring pembelajaran tiap peserta didik





4
Guru memberikan layanan /fasilitasi terhadap kesulitan peserta didik





5
Guru memberikan layanan konsultasi terghadap orang tua siswa





6
Guru mengunduh hasil pekerjaan peserta didik





7
Guru memeriksa hasil pekerjaan peserta didik





8
Guru memberikan umpan balik atas pekerjaan peserta didik





9
Ada penilaian untuk untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran





Jumlah Skor yang Dicapai


Jumlah Skor Maksimum


*) Keterangan:
1 = tidak muncul
2 = muncul tetapi kurang baik
3 = muncul dengan baik
4 = muncul dengan sangat baik


Mengetahui,
Kepala Sekolah



(Nama) NIP.
Bekasi,……………….
Observer




Nama
NIP

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembelajaran Daring Supaya Tidak Darting