6. Instrumen Selama AKB
INSTRUMEN OBSERVASI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Guru
|
:
|
…………………………………
|
NIP
|
:
|
…………………………………
|
Nama Sekolah yang diamati
Kelas
|
:
:
|
…………………………………
....................................................
|
Mata pelajaran/ Tema
|
:
|
…………………………………
|
Sub Tema / Pembelajaran
Alokasi Waktu
|
:
:
|
…………………………………
....................................................
|
Untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang digunakan guru dalam implementasi kurikulum 2013 selama AKB, Kepala Sekolah/Pengawas dapat melihat RPP pada Guru kelas/mata pelajaran. Petugas mencatat hasil observasi dengan memberi tanda cek (√) pada kolom Skor sesuai dengan kriteria yang tertera pada kolom dan memberikan catatan sesuai penilaian.
No
|
Komponen RPP
|
Hasil Penelaahan Dan Penskoran *)
| |||
1
|
2
|
3
|
4
| ||
A.
|
Identitas Mata Pelajaran
| ||||
1.
|
Satuan pendidikan, kelas, semester, mata pelajaran atau tema pelajaran, alokasi waktu.
| ||||
B.
|
Perumusan tujuan pembelajaran
| ||||
1.
|
Kesesuaian dengan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai.
| ||||
2.
|
Kesesuaian dengan kompetensi dasar dan indikator.
| ||||
C.
|
Skenario Pembelajaran
| ||||
1.
|
Menampilkan kegiatan pendahuluan, inti, dan
penutup dengan jelas.
| ||||
2.
|
Kesesuian kegiatan dengan penerapan model pembelajaran dan pendekatan scientific; kesesuaian dengan tema.
| ||||
3.
|
Kesesuaian penyajian dengan sistematika materi.
| ||||
4.
|
Kesesuaian alokasi waktu dengan cakupan materi.
| ||||
D.
|
Penilaian
| ||||
1.
|
Kesesuaian dengan teknik dan bentuk penilaian autentik.
| ||||
2.
|
Kesesuaian dengan indikator pencapaian kompetensi.
| ||||
3.
|
Kesesuaian kunci jawaban dengan soal.
| ||||
4.
|
Kesesuaian pedoman penskoran dengan soal.
| ||||
5.
|
Kesesuaian antara instrumenpenilaian dengan rubrik penilaiannya.
| ||||
Jumlah Skor Perolehan
| |||||
Jumlah Skor Maksimal
|
*) Keterangan:
1 = tidak lengkap
2 = cukup lengkap
3 = lengkap
4 = sangat lenngkap
Mengetahui,
Kepala Sekolah
(Nama) NIP/
|
Bekasi,………………..
Observer
(Nama)
NIP.
|
INSTRUMEN OBSERVASI
PROSES PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI KELAS
Nama Guru
|
:
|
…………………………………
|
NIP
|
:
|
…………………………………
|
Nama Sekolah yang diamati
|
:
|
…………………………………
|
Kelas
|
:
|
…………………………………
|
Mata pelajaran/ Tema
|
:
|
…………………………………
|
Sub Tema / Pembelajaran
Alokasi Waktu
|
:
:
|
…………………………………
....................................................
|
Untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang proses pembelajaran yang dilakukan guru selama AKB, Kepala Sekolah/Pengawas harus melakukan pengamatan di kelas. Petugas mencatat pengamatannya dengan melengkapi format berikut.
No
|
Uraian Kegiatan
|
Hasil Penelaahan dan Penskoran*)
| |||
1
|
2
|
3
|
4
| ||
A
|
Pendahuluan
| ||||
1
|
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
| ||||
2
|
Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik dalam perjalanan menuju sekolah atau dengan tema sebelumnya.
| ||||
3
|
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitan dengan tema yang akan dibelajarkan.
| ||||
4
|
Mengajakpe serta didik berdinamika/melakukan sesuatu kegiatan yang terkait dengan materi di kegiatan awal.
| ||||
B
|
Kegiatan Inti
| ||||
1
|
Menyajikan materi yang dapat memfasilitasi ketercapaian kompetensi pada indicator.
| ||||
2
|
Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang diintegrasikan secara relevan dengan perkembangan Iptek dan kehidupan nyata.
| ||||
3
|
Menyajikan materi secara sistematis dan gradual (dari yang mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak),
| ||||
4
|
Mengelola kelas dengan baik.
| ||||
5
|
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual.
| ||||
6
|
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect).
| ||||
7
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai RPP /
| ||||
8
|
Memberikan pertanyaan mengapa dan bagaimana.
| ||||
9
|
Memancig peserta didik untuk bertanya.
| ||||
10
|
Menyajikan kegiatan peserta didik untuk keterampilan mengamati.
| ||||
11
|
Menyajikan kegiatan peserta didik untuk keterampilan mencoba.
| ||||
12
|
Menyajikan kegiatan peserta didik untuk keterampilan menganalisis.
| ||||
13
|
Menyajikan kegiatan peserta didik untuk keterampilan mengkomunikasikan.
| ||||
14
|
Mengamati sikap dan perilaku peserta didik dalam mengikuti pelajaran.
| ||||
15
|
Melakukan penilaian keterampilan peserta didik dalam melakukan aktifitas individu/ kelompok.
| ||||
16
|
Mendokumentasikan hasil pengamatan sikap, perilaku, dan keterampilan peserta didik.
| ||||
17
|
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar.
| ||||
18
|
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan media pembelajaran.
| ||||
19
|
Menghasilkan pesan yang menarik.
| ||||
20
|
Melibatkan pesertadidik dalam pemanfaatan sumber belajar pembelajaran.
|
No
|
Aspek Yang Diamati
|
Hasil Penelaahan dan Penskoran*)
| |||
1
|
2
|
3
|
4
| ||
21
|
Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan media pembelajaran.
| ||||
22
|
Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik melalui interaksi guru, peserta didik, sumber belajar.
| ||||
23
|
Merespon positif partisipasi peserta didik.
| ||||
24
|
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respon peserta didik
| ||||
25
|
Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif.
| ||||
26
|
Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme peserta didik dalam belajar.
| ||||
27
|
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar.
| ||||
28
|
Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar.
| ||||
C
|
Penutup
| ||||
29
|
Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai.
| ||||
30
|
Mengakhiri pembelajaran dengan efektif
| ||||
31
|
Membuat rangkuman dengan melibatkan peserta didik.
| ||||
32
|
Melakukan refleksi dengan melibatkan peserta didik
| ||||
33
|
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan
|
Jumlah Skor yang Dicapai
| |
Jumlah Skor Maksimum
|
*) Keterangan:
1 = tidak muncul
2 = muncul tetapi kurang baik
3 = muncul dengan baik
4 = muncul dengan sangat baik
Mengetahui,
Kepala Sekolah
(Nama) NIP.
|
Bekasi,……………….
Observer
Nama
NIP
|
INSTRUMEN OBSERVASI
PROSES PEMBELAJARAN KELAS DARING
Nama Guru
|
:
|
…………………………………
|
NIP
|
:
|
…………………………………
|
Nama Sekolah yang diamati
|
:
|
…………………………………
|
Kelas
|
:
|
…………………………………
|
Mata pelajaran/ Tema
|
:
|
…………………………………
|
Sub Tema / Pembelajaran
Alokasi Waktu
|
:
:
|
…………………………………
....................................................
|
Untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang proses pembelajaran yang dilakukan guru selama AKB, Kepala Sekolah/Pengawas harus melakukan pengamatan di kelas. Petugas mencatat pengamatannya dengan melengkapi format berikut.
No
|
Uraian Kegiatan
|
Hasil Penelaahan dan Penskoran*)
| ||||
1
|
2
|
3
|
4
| |||
A
|
Pendahuluan
| |||||
1
|
Guru memberi apersepsi dan motivasi
| |||||
2
|
Guru memberi tahu tujuan pembelajaran yang akan dicapai
| |||||
B
|
Kegiatan Inti
| |||||
1
|
Guru menguasai materi pembelajaran (Materi pembelajaran disampaikan dengan jelas)
| |||||
2
|
Guru mengelola kelas daring dengan baik
| |||||
3
|
Guru berperan sebagai fasilitator dalam membantu mengatasi kesulitan peserta didik
| |||||
4
|
Guru menggunakan teknik bertanya dengan teknik bertanya dengan bahasa yang baik dan benar
| |||||
5
|
Peserta didik berpartisipasi secara aktif dalam pembelajaran daring
| |||||
6
|
Pada kegiatan pembelajaran tampak ada kegiatan mengati, menanya, mengolah data, mengasosiasi dan mengomunikasikan
| |||||
7
|
Peserta didik aktif dalam berinteraksi dengan peserta didik yang lain
| |||||
8
|
Ada penilaian untuk mengetahui ketercapaian pembelajaran
| |||||
9
|
Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan Rencana Pembelajaran
| |||||
C
|
Penutup
| |||||
1
|
Guru membimbing peserta didik dalam melakukan refleksi
| |||||
2
|
Pemberian tugas untuk memperdalam dan mengimplementasikan materi
| |||||
Jumlah Skor yang Dicapai
| ||||||
Jumlah Skor Maksimum
|
*) Keterangan:
1 = tidak muncul
2 = muncul tetapi kurang baik
3 = muncul dengan baik
4 = muncul dengan sangat baik
Mengetahui,
Kepala Sekolah
(Nama) NIP.
|
Bekasi,……………….
Observer
Nama
NIP
|
INSTRUMEN OBSERVASI
PROSES PEMBELAJARAN KELAS WHATAPP GROUP
Nama Guru
|
:
|
…………………………………
|
NIP
|
:
|
…………………………………
|
Nama Sekolah yang diamati
|
:
|
…………………………………
|
Kelas
|
:
|
…………………………………
|
Mata pelajaran/ Tema
|
:
|
…………………………………
|
Sub Tema / Pembelajaran
Alokasi Waktu
|
:
:
|
…………………………………
....................................................
|
Untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang proses pembelajaran yang dilakukan guru selama AKB, Kepala Sekolah/Pengawas harus melakukan pengamatan di kelas. Petugas mencatat pengamatannya dengan melengkapi format berikut.
No
|
Uraian Kegiatan
|
Hasil Penelaahan dan Penskoran*)
| ||||
1
|
2
|
3
|
4
| |||
A
|
Pendahuluan
| |||||
1
|
Guru memberi apersepsi dan motivasi
| |||||
2
|
Guru memberi tahu tujuan pembelajaran yang akan dicapai
| |||||
B
|
Kegiatan Inti
| |||||
1
|
Guru mengirimkan lembar kerja/penugasan ke WhatApp Group
| |||||
2
|
Guru memberitahu batas akhir pengumpulan tugas
| |||||
3
|
Guru melakukan monitoring pembelajaran tiap peserta didik
| |||||
4
|
Guru memberikan layanan /fasilitasi terhadap kesulitan peserta didik
| |||||
5
|
Guru memberikan layanan konsultasi terghadap orang tua siswa
| |||||
6
|
Guru mengunduh hasil pekerjaan peserta didik
| |||||
7
|
Guru memeriksa hasil pekerjaan peserta didik
| |||||
8
|
Guru memberikan umpan balik atas pekerjaan peserta didik
| |||||
9
|
Ada penilaian untuk untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran
| |||||
C
|
Penutup
| |||||
1
|
Guru membimbing peserta didik dalam melakukan refleksi
| |||||
2
|
Pemberian tugas untuk memperdalam dan mengimplementasikan materi
| |||||
Jumlah Skor yang Dicapai
| ||||||
Jumlah Skor Maksimum
|
*) Keterangan:
1 = tidak muncul
2 = muncul tetapi kurang baik
3 = muncul dengan baik
4 = muncul dengan sangat baik
Mengetahui,
Kepala Sekolah
(Nama) NIP.
|
Bekasi,……………….
Penelaah
Nama
NIP
|
INSTRUMEN OBSERVASI
PROSES PEMBELAJARAN KELAS LURING (HOME VISIT)
Nama Guru
|
:
|
…………………………………
|
NIP
|
:
|
…………………………………
|
Nama Sekolah yang diamati
|
:
|
…………………………………
|
Kelas
|
:
|
…………………………………
|
Mata pelajaran/ Tema
|
:
|
…………………………………
|
Sub Tema / Pembelajaran
Alokasi Waktu
|
:
:
|
…………………………………
....................................................
|
Untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang proses pembelajaran yang dilakukan guru selama AKB, Kepala Sekolah/Pengawas harus melakukan pengamatan di kelas. Petugas mencatat pengamatannya dengan melengkapi format berikut.
No
|
Uraian Kegiatan
|
Hasil Penelaahan dan Penskoran*)
| ||||
1
|
2
|
3
|
4
| |||
1
|
Guru menyampaikan lembar kerja/penugasan ke rumah peserta didik
| |||||
2
|
Guru memberitahu batas akhir pengumpulan tugas
| |||||
3
|
Guru melakukan monitoring pembelajaran tiap peserta didik
| |||||
4
|
Guru memberikan layanan /fasilitasi terhadap kesulitan peserta didik
| |||||
5
|
Guru memberikan layanan konsultasi terghadap orang tua siswa
| |||||
6
|
Guru mengunduh hasil pekerjaan peserta didik
| |||||
7
|
Guru memeriksa hasil pekerjaan peserta didik
| |||||
8
|
Guru memberikan umpan balik atas pekerjaan peserta didik
| |||||
9
|
Ada penilaian untuk untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran
| |||||
Jumlah Skor yang Dicapai
| ||||||
Jumlah Skor Maksimum
|
*) Keterangan:
1 = tidak muncul
2 = muncul tetapi kurang baik
3 = muncul dengan baik
4 = muncul dengan sangat baik
Mengetahui,
Kepala Sekolah
(Nama) NIP.
|
Bekasi,……………….
Observer
Nama
NIP
|
Komentar
Posting Komentar