7. Contoh RPP

RENCANA PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidkan             :      ......
Kelas                                    :      IV (empat)
Hari / tanggal                       :      Rabu, 3 Juni 2020
Mata Pelajaran                   :      Matematika
Materi                                   :      Pengukuran Panjang Benda
Alokasi Waktu                    :      07.30 – 11.30

I.                    Tujuan Pembelajaran
A.         Peserta didik mampu memahami cara mengukur benda dan alat yang digunakan
B.         Peserta didik mampu mengubah satuan cm menjadi satuan meter dan sebaliknya.
C.        Peserta didik mampu melakukan kegiatan pengukuran benda-benda yang ada di rumah.

II.                         Langkah – Langkah

Apersepsi
Benda-benda yang ada di rumah mempunyai bentuk dan ukuran yang berbeda. Pernahkah kalian mengukur benda-benda yang ada di rumah? Apa alat yang kalian gunakan untuk mengukur benda- benda yang ada dirumah? Mari kita pelajari bersama

Strategi

1.     Cara mengukur benda
Ø     Guru memberikan penjelasan melalui voice note mengenai cara mengukur benda dan alat yang digunakan untuk mengukur.
Ø     Guru memberikan lima soal mengenai cara mengukur benda dan alat yang digunakan untuk mengukur.
Ø     Peserta didik menjawab soal dari bunda secara lisan melalui voice note.
Ø     Jawaban direkam dan dikirim ke bunda
2.          Mengubah satuan cm menjadi m
Ø     Guru memberikan vidio cara mengubah satuan cm menjadi m.
Ø     Peserta didik menjawab soal yang ada di vidio
Ø     Jawaban difoto dan dikirimkan kebunda
3.          Mengukur Benda yang ada di rumah
Ø     Peserta didik melakukan kegiatan pengukuran dua benda yang ada dirumah dengan menggunakan alat ukur
Ø     Kegiatan dividio dan dikirim ke bunda.

Hikmah

Dengan belajar pengukuran, ananda akan memahami tentang panjang benda. Nah, hal ini banyak sekali manfaatnya dalam kehidupan kalian nak. Contohnya seperti saat akan membeli sepatu perlu tahu dulu berapa ukuran kaki kalian, saat akan menjahitkan baju perlu mngetahui ukuran baju kalian dan masih banyak lagi contoh lainnya .

III.                    Penilaian

A         = Tes Lisan
B         = Tes Tulis
C         = Performa

IV.              Refleksi


RENCANA PEMBELAJARAN

 


Satuan Pendidikan        :    .....
Hari/Tanggal                   :     Kamis, 4 Juni 2020
Mata Pelajaran               :     Tematik
Kelas/ Semester            :     II/ II
Materi                               :     Perkalian
Alokasi Waktu                :     07.30 – 11.30

I.          Tujuan Pembelajaran

A.         Peserta didik mampu melakukan perkalian 1 - 10 dengan menggunakan jari.
B.         Peserta didik mampu melengkapi tabel perkalian 1 - 10 .
C.        Peserta didik mampu menyelesaikan soal perkalian 1 - 10.

II.              Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Apersepsi
Pernahkah kalian menghitung benda? Bagaimana cara menghitung banyak benda tersebut? Pernahkah kalian menghitung cepat dengan jari?

Strategi

A.         Melakukan perkalian dengan jari
1.          Guru memberikan vidio penjelasan tentang perkalian dan cara perkalian dengan jari
2.          Peserta didik melakukan perkalian dibawah sepuluh dengan jari sesuai yang Bunda instruksikan.
3.          Peserta didik menuliskan hasil dari perkalian jari tersebut.
4.          Peserta didik mengirimkan kegiatan melakukan perkalian jari via Video ke Bunda.

B.         Mengisi tabel perkalian
1.          Peserta didik mengisi tabel perkalian 1 sampai sepuluh yang sudah diberikan
2.          Peserta didik mengirimkan hasilnya via foto ke Bunda.

C.        Mengerjakan soal cerita
1.          Guru memberikan soal cerita melalui VN.
2.          Peserta didik menuliskan hasil perkalian dari soal cerita di buku tulis.
3.          Peserta didik menjawab soal dengan VN dikirim ke bunda.

Hikmah

Dengan mengetahui dan belajar tentang perkalian maka kelak ketika menjadi pedagang bisa menghitung dengan cepat.

III.         Penilaian

Ø     Performa
Ø     Tulis
Ø     Lisan

IV.      Refleksi



RENCANA PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan        :    .....
Hari/Tanggal                   :     Jumat, 5 Juni 2020
Mata Pelajaran               :     Tematik
Kelas/ Semester            :     II/ II
Materi                               :     Pengukuran berat benda
Alokasi Waktu                :     07.30 – 11.30

I.          Tujuan Pembelajaran

A.         Peserta didik mampu memahami jenis alat ukur berat dan kegunaannya.
B.         Peserta didik mampu mengubah satuan baku berat dari kg menjadi ons dan gram
C.        Peserta didik mampu mengukur berat benda dengan menggunakan alat ukur

II.              Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Apersepsi
Pernahkah kalian membeli satu karung beras di toko? Kira-kira berapa berat beras dalam satu karung? Lalu alat ukur apa yang sebaiknya kita gunakan? Mari kita pelajari bersama

Strategi

A.         Jenis Alat ukur berat
1.          Guru menjelaskan jenis alat ukur berat dan kegunaannya melalui voice note atau vidio
2.          Guru memberikan lima gambar berat benda.
3.          Peserta didik menentukan alat ukur berat yang tepat untuk mengukur berat benda berdasarkan gambar
4.          Jawaban di rekam dan dikirim ke bunda

B.         Mengubah satuan berat
1.          Guru memberikan vidio tentang cara mengubah satuan berat dari kg menjadi ons dan gram
2.          Guru memberikan sepuluh soal untuk mengubah satuan satuan berat dari kg menjadi ons dan gram
3.          Peserta didik menuliskan jawaban pada buku tulis
4.          Jawaban difoto dan dikirim ke bunda

C.        Mengukur berat benda
1.          Peserta didik mengukur berat benda yang ada di rumah dengan menggunakan alat ukur berat.
2.          Kegiatan dividio dan dikirim ke bunda

Hikmah

Dengan belajar pengukuran berat, maka ananda memahami bagaimana cara menimbang atau mengukur berat suatu benda dengan benar. Nah, pengukuran berat benda ini sangat banyak sekali manfaatnya dalam kehidupan kita nak. Contohnya, Adik kalian yang masih kecil setiap bulan akan ditimbang berat badannya saat posyandu, Ketika membeli gula, beras, atau tepung juga akan ditimbang dan masih banyak lagi contohnya

III.         Penilaian

A.         Tes Lisan
B.         Tes Tulis
C.        Performa

IV.      Refleksi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembelajaran Daring Supaya Tidak Darting